VIRAL PENGANTAR MAKANAN YANG MELEPASKAN PAKAIANNYA UNTUK SEORANG ODGJ DI BANDUNG

Header Menu


Iklan

Iklan

Halaman

Iklan

VIRAL PENGANTAR MAKANAN YANG MELEPASKAN PAKAIANNYA UNTUK SEORANG ODGJ DI BANDUNG

sekitarBANDUNGcom
08 Agustus 2021


Sekitrbandung.com - Masih ingat aksi viral seorang pengemudi ojek daring / jasa pengantar makanan yang memberikan baju serta celana pada seorang ODGJ yang telanjang di sekitar jalan Abdurrahman Saleh kec. Cicendo Kota Bandung?

Setelah ditelusuri tim sekitarbandung.com, ternyata sosok inspiratif tersebut adalah seorang pengantar makanan yang bernama Ragil Mohamad Bahtiar (22) pemuda asal kab. Cianjur dan aksinya diakuinya terjadi pada hari Jum'at  (6 Agustus 2021) sekitar pukul 14.30 WIB minggu lalu.

Agil (sapaan akrabnya) hidup sendiri di kota Kembang demi membantu orang tuanya mencari nafkah dengan menjadi pengantar makanan dalam situasi pademi covid 19 saat ini. 

Agil terpaksa menjadi jasa pengantar makanan setelah menjadi korban PHK dari Swalayan ternama tempatnya mencari nafkah dahulu. Walaupun hanya sebagai pekerja harian, namun semangat untuk membantu orang tua tetap dia lakukan.

"Sebelum seperti sekarang saya kerja di swalayan bah, tapi karena situasi sulit sekarang, saya dan beberapa teman saya terpaksa di PHK karena perusahaannya gak sanggup bayar gaji karyawan yang banyak. Di kampung juga ayah saya kerja sebagai sopir truk tapi bukan pegawai tetap, jadi sebagai anak laki-laki saya tekadkan ingin membantu orang tua saya di Cianjur walau sekedar untuk menyambung hidup." ujarnya saat ditemui Abah Iwan di tempat mangkalnya pada Minggu (8/8/2021) malam. 

Ketika ditanya tentang maksud tujuan memberikan celana dan baju kepada OGDJ Agil tegas menjawab itu semua sebagai bentuk kepeduliannya terhadap sesama manusia.

" Ya saya merasa kasihan, dia juga manusia dan spontan saat itu saya datangi ODGJ yang telanjang bulat tersebut, lalu saya ajak bicara agar dia mau pakai baju dan celana saya, sambil saya berikan baju serta celana pendek yang sedang saya kenakan, saya tidak ada niat lain hanya kasihan dan saya ikhlas lillahita'ala, malah saya tawarkan makan tapi ditolak oleh ODGJ tersebut, lalu saya berikan uang untuk makan ke ODGJ tersebut" terang Agil. 

Agil pun bercerita tentang pesan orang tuanya saat dia masih berkumpul sebelum pandemi yang menyulitkan seperti sekarang ini.

"Lamun bisa tutulung ka batur, tulungan, da duit mah moal dibawa paeh , InsyaAllah jang rejeki mah moal kamana mana kalahka nambahan (kalau bisa membantu orang lain, bantulah, sebab uang atau harta tidak akan dibawa mati, InsyaAllah rejeki tidak akan kemana mana malah justru bertambah)." kenangnya.

Dengan pesan orang tuanya itu Agil selalu ingin berbagi dengan sesama, ujar Ragil. 

Pendapat lainnya disampaikan Giri (35) rekan sesama jasa pengantar makanan.

"Ragil itu anak baik dan saat ada ODGJ yang telanjang saya sedang ngobrol dengan ragil dan dia bilang "karunya" tanpa basa basi Agil lari dan bicara dengan ODGJ tersebut sambil membuka jaketnya, lalu dia berikan baju yang sedang dipakainya, dan juga celana pendek diberikan kepada ODGJ tersebut, malah diberi uang untuk beli makan, saya salut punya rekan sejawat mempunyai rasa menolong kepada sesama manusia." ujar Giri ketika ditemui sekitarbandung.com ditempat mangkal jasa pengantar makanan tersebut.

Semoga menginspirasi kita semua. Sebagai bentuk apresiasi terhadap Ragil Mohamad Bahtiar dari warganet semua, tim sekitarbandung.com membuka titipan 'kadeudeuh'. Bagi warganet yang ingin berpartisipasi bisa menitipkannya melalui transfer ke rekening BCA 5150900362 a/n Mulyatiningsih. Open Donasi dibuka hingga Senin (16/8/2021) dan insyaalloh akan diberikan kepada Agil saat perayaan Hari Kemerdekaan RI.


Laporan: Abah Bogalakon

Editor: Dudi Abdullah












Tag Terpopuler