Ungkap Asal Muasal Seblak

Header Menu


Iklan

Iklan

Halaman

Iklan

Ungkap Asal Muasal Seblak

sekitarBANDUNGcom
27 Februari 2023


sekitarBANDUNGcom - Siapa sih yang gak kenal seblak ? Salah satu makanan khas Sunda ini, tepatnya Bandung, kini telah populer di kalangan luas. Makanan yang identik dengan cita rasa gurih pedas dan rempah kencur ini sekarang bisa dengan mudah dicari dan dibuat. Bahkan, seblak telah dimodifikasi dengan berbagai isian atau topping, seperti kerupuk, telur, siomay, ceker, cilok hingga bakso.


Padahal, dahulu isian seblak sederhana, hanya kerupuk yang direndam di air panas yang kemudian dimasak dengan bumbu halus berupa bawang putih, kencur dan cabai rawit.


Tak ada catatan sejarah yang pasti mengenai kapan seblak pertama kali ditemukan dan dari mana asalnya. Namun, ada berbagai teori menurut keterangan dari berbagai sumber.


Menurut beberapa sumber, seblak sudah ada sejak jaman kemerdekaan di Parahyangan. Di Garut, ada makanan yang disebut kurupuk leor yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia yakni kerupuk lemas. Karena kerupuk mentah yang seharusnya digoreng, dimasak dengan bumbu bawang putih dan cabai rawit. Mungkin ini menjadi cikal bakal kreasi seblak yang kini telah memiliki pamor di para pecinta kuliner.


Sebelum seblak populer di kalangan pecinta kuliner, di daerah Sumpiuh Jawa Tengah juga ada makanan yang serupa yakni kerupuk godog atau kerupuk rebus. Namun, baik kerupuk leor atau kerupuk godog, tidak menggunakan kencur. Padahal, bahan kencur inilah yang menjadi ciri khas sekaligus cita rasa yang identik dengan seblak.


Ada juga sumber yang menyebutkan asal-usul seblak bermula dari persediaan kerupuk yang melimpah di Bandung kala itu. Kerupuk yang sudah lama saat digoreng tidak seenak kerupuk yang baru dibuat. Kerupuk lama juga lebih keras dan susah dikunyah. Karena kerupuk lama menumpuk, seringkali dibuang begitu saja. Lama kelamaan orang merasa sayang untuk menyia-nyiakan atau membuang kerupuk. Sehingga kemudian muncul berbagai ide dan kreasi untuk mengolah kerupuk lama hingga terciptalah seblak.


Seblak bukan termasuk resep kuliner legendaris khas Sunda, asal-usul seblak karena kreasi masyarakat Sunda yang senang bereksplorasi dengan bahan makanan berbahan tapioka. Lihat saja berbagai makanan yang terbuat dari tapioka atau aci yang masih eksis hingga kini. Seperti cireng, cilok, cipuk, cimol, cibay, cipak dan masih banyak lagi.


Penulis : ibd

Tag Terpopuler