Siswa SD Di Bandung Menghargai Sejarah Lewat Surat Cinta Untuk Inggit Ganarsih

Header Menu


Iklan

Iklan

Halaman

Iklan

Siswa SD Di Bandung Menghargai Sejarah Lewat Surat Cinta Untuk Inggit Ganarsih

sekitarBANDUNGcom
17 Februari 2023

 

sekitarBANDUNGcom - Remaja dan siswa SD di Kelurahan Nyengseret, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, memperingati hari lahir Inggit Garnasih. Mereka berkunjung ke kediaman Inggit Garnasih yang menjadi situs sejarah. Kunjungan para siswa dan pelajar itu bertajuk 'Bulan Cinta Inggit Garnasih'. 

Hari ini, bertepatan dengan hari lahir Inggit Garnasih. Perempuan hebat yang diusulkan menjadi pahlawan nasional. Inggit bagian dari sejarah Indonesia. Ia merupakan pendiri PNI dan istri dari Soekarno.

Para remaja dan siswa itu menulis surat cinta dan doa bersama untuk Inggit Garnasih. Mereka juga keliling kediaman Inggit Garnasih. 

Perwakilan Karang Taruna Nyengseret Sandi Syarif mengatakan kegiatan Bulan Cinta Inggit Garnasih itu upaya dalam merawat situs dan sejarah. Sandi mengatakan Inggit merupakan tokoh bangsa Indonesia.

 "Anak-anak tadi menulis surat untuk Ibu Inggit. Kita setiap tahun rutin menggelar ini, tahun kemarin berhenti karena pandemi COVID-19," kata Sandi dilansir dari detikJabar, Jumat (17/2/2023).

Sandi menyambut baik usulan Inggit menjadi pahlawan nasional. Ia berharap Inggit bisa ditetapkan sebagai pahlawan nasional. "Ini kan ketiga kali ya. Kalau kami berharap bisa ditetapkan, tentunya warga Nyengseret bangga punya tokoh bangsa yang jadi pahlawan," ucap Sandi. 

Sandi mengatakan kegiatan Bulan Cinta Inggit Garnasih bertujuan agar masyarakat, khususnya di Nyengseret mencintai dan menghargai jasa-jasa Inggit. 

"Kita kenalkan ke remaja, khususnya pelajar. Karena merekalah (pelajar) yang bakal meneruskan bangsa ini," tutur Sandi.

Sementara itu, penjaga Situs Inggit Garnasih Jajang Ruhiat menyambut positif kegiatan Bulan Cinta Inggit Garnasih. 

Jajang mengaku bangga dengan kepedulian remaja dan siswa yang datang ke situs tersebut. 

"Biasanya dari dinas juga ada. Karena pandemi berhenti. Sekarang ada karang taruna dan siswa, semoga ini bisa menjadi pelajar bagi mereka," ucap Jajang. 

 Artikel ini sudah tayang di laman detikJabar dengan judul Surat Cinta untuk Inggit Garnasih dari Siswa di Bandung


Redaktur : Wildan Damang

Tag Terpopuler